From the blog

Mazda CX-8 Menuju Thailand, Mampir ke Indonesia?

AutonetMagz.com – Masih ingat dengan sosok Mazda CX-8? Mobil tersebut adalah suksesor dari Mazda Biante di Jepang, namun berwujud sebuah SUV. Wajar saja jika banyak yang tidak mengenal adik dari Mazda CX-9 ini, karena mobil ini tidak dijual lokal di Indonesia. Nah, kabar terbaru terkait Mazda CX-8 menyebutkan bahwa pasar Thailand akan mendapatkan unit SUV 3 baris tersebut, lantas bagaimana dengan Indonesia?

Mengutip informasi via MGROnline, Chanchai Trakanudomsuk, CEO dari Mazda Sales Thailand menyebutkan bahwa Mazda CX-8 akan menjadi produk berikutnya yang dibawa pihak Mazda ke Negeri Gajah Putih tersebut. Nah, jadwal peluncurannya sendiri adalah pada penghujung tahun 2019 ini, walau belum jelas bulan apa. Mr Chanchai mengatakan bahwa pihaknya bakal menempatkan Mazda CX-8 sebagai SUV flagship mereka diatas Mazda CX-5 dan Mazda CX-3. Walau belum jelas kapan Mazda CX-8 diperkenalkan, namun beliau memberikan sedikit ‘bocoran’.

Dalam bocoran tersebut, kabarnya Mazda CX-8 akan diperkenalkan sebelum Thailand International Motor Expo 2019 yang bakal dihelat pada mulai 29 November mendatang. Mazda CX-8 sendiri diproduksi di 3 negara di Asia, yaitu di Jepang, China dan Malaysia. Besar kemungkinan pihak Mazda Thailand akan menghadirkan Mazda CX-8 rakitan Malaysia karena status keduanya yang sama – sama negara ASEAN. Mr Chancai juga mengatakan bahwa kemungkinan Mazda CX-8 akan dijual dengan banderol sekitar 1,6 juta Baht atau setara dengan 739 jutaan Rupiah.

Artinya, harga dari Mazda CX-8 akan cukup dekat dengan harga Mazda CX-5 di trim tertingginya yaitu XD dan XDL. FYI, Mazda CX-5 XD dijual dengan banderol 1,56 juta Baht (721 jutaan Rupiah) sedangkan tipe XDL malah lebih mahal yaitu 1,77 juta Baht (818 jutaan Rupiah). Jika Mazda CX-8 akan menuju Thailand, apakah Indonesia juga akan mendapatkannya? Sebenarnya, peluang tersebut masih terbuka, hanya saja ada 1 kondisi yang benar – benar membedakan pasar Thailand dan Indonesia, yaitu kehadiran Mazda CX-9. Pasar Thailand sama seperti pasar Jepang yang tidak menjual Mazda CX-9, sehingga Mazda CX-8 bisa melenggang dengan leluasa.

Sedangkan di Indonesia, Mazda CX-9 sudah lebih dahulu ada, dan perlu pertimbangan matang untuk memasukkan sosok Mazda CX-8. Tapi, peluang masih terbuka, dan sangat memungkinan pihak EMI untuk memasukkan sosok Mazda CX-8 di tanah air, apalagi dengan keunikan bangku tengahnya. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

78 − 75 =

call
wa